Kamis, 12 Maret 2015

cara mengatasi hotspot bermasalah

TIPS MUDAH MENGATASI HOTSPOT YANG BERMASALAH

Tiba tiba wireless hotspot yang anda gunakan tanpa masalah dalam keseharian, saat ini mengalami banyak gangguan, dari sinyal yang drop dan tidak stabil, kecepatan yang menurun, hilangnya sinyal wireless, koneksi ke wireless access point putus sendiri tanpa sebab, dan berbagai error lainnya. Hal ini kerap terjadi di jaringan Wireless, namun semua permasalahan pasti ada sebabnya.
Dari semua pertanyaan anda, kenapa tidak connect ke access point, kenapa putus mendadak dari access point, kenapa lambat mengakses internet dari wireless, kenapa sinyal wifi melemah, dan berbagai kenapa yang mengantri. Tanpa sebab tidak akan ada akibat. Hanya pengalaman dan kejelian analisa yang dapat mengatasi permasalahannya dan mendapatkan solusi terbaik.
Berikut beberapa rangkuman mengenai beberapa masalah yang kerap terjadi di jaringan wireless dan solusinya.
  1. Mengapa sinyal wireless melemah tanpa sebab yang jelas
    Apabila anda mengalami sinyal wireless yang melemah, semisal indikator wireless anda biasanya menunjukkan 4 bar, saat ini hanya menunjukkan 2 bar saja. Walaupun masih tetap bisa terkoneksi, namun pasti ada sesuatu yang terjadi yang menyebabkan sinyal wireless melemah. 
  2. Yang harus dilakukan adalah :
  3. Cek apakah terdapat sinyal Wireless lain yang mungkin menggunakan Channel / Frekuensi wireless yang sama dengan Access  Point anda. Apabila ada, ganti channel anda agar tidak terjadi interferensi sinyal lebih lanjut.

    Cek apakah Access Point anda kurang kencang interkoneksi ke antena / kemasukan air untuk AP outdoor. Biasanya bila kemasukan air membuat koneksi wireless putus sambung

    Cek apakah Access Point anda terlalu panas, mungkin karena online 24 jam tanpa isitrahat dan airflow yang baik

    Cek power adaptor anda, coba ganti dengan yang lain atau yang baru. Mungkin power tidak cukup untuk  mensuply Access Point karena faktor umur dari Power Adaptor. 

    Cek koneksi POE anda apabila menggunakan POE , apakah kabelnya ada yang rusak atau kualitas kabel yang tidak tahan lama.

    Coba gunakan laptop lain, apakah sama. Bila laptop lain mendapat sinyal lebih besar, kemungkinan karena Wireless adaptor laptop tersebut bermasalah.

  4. Mengapa koneksi wireless sering Putus sambung tanpa sebab
    Koneksi wireless yang byar pett , atau putus sambung biasa disebabkan karena resource dari Access Point yang tidak mencukupi, karena access point menghandle koneksi lebih banyak daripada kapasitasnya. Atau juga bisa disebabkan karena Wireless adaptor laptop anda bermasalah sehingga terjadi kondisi putus sambung antara wireless access point dan client adaptor.

    Atau bisa juga disebabkan karena Wireless access point anda sedang di serang sehingga access point anda mendrop koneksi anda untuk dapat menghandle koneksi lain. Solusinya coba matikan sejenak Access Point anda sampai hacker bosan menunggu, atau ganti SSID access point anda.
     
  5. Mengapa akses internet terasa sangat lambat dari Wifi
    Bila anda mengalami melambatnya akses internet melalui Wifi, langkah pertama adalah coba restart access point anda. Apablia menggunakan Access Point yang murah, biasanya memory pada alat kecil, sehingga harus sering di restart. Hal ini tidak akan terjadi pada pengguna rumahan, namun apabila Access Point low end ini digunakan untuk bisnis atau kantor, maka restartnya access point merupakan hal yang ingin di hindari.  Apalagi bila digunakan terus menerus selama 24 jam tanpa restart. Untuk mengatasinya, pilihlah tipe access Point yang sesuai dengan penggunaannya, apakah kelas Home user, SOHO atau enterprise.  Namun bila sama saja, coba akses internet anda tanpa wireless, bila melambat, silakan hubungi CS dari ISP anda.
Hal - hal diatas yang umumnya sering terjadi pada pengguna wireless. Baik di kantor, dirumah ataupun di Cafe. Tentunya semua masalah yang terjadi pada jaringan wireless pasti ada penyebabnya. Jangan terjebak dengan menyalahkan Provider atau Access Point anda yang rusak dan menggantinya. Telaah semua koneksi yang ada dan settingnya.


Belanja Online Wifi/Modem/Router/Wireless Termurah :

Kuantiti/ Grosir Hubungi kami di :
SMS Center/Whatsapp/WeChat : 085718953873
PIN Blackberry: 2A73D3C8
Yahoo Messenger : tplinkmurah
Email : admin@tplinkmurah.com

Follow us on :
Facebook : tplinkmurah.com/ Tplinkmurah
Instagram : tplinkmurah
Line : tplinkmurah

Kami memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin melakukan transaksi langsung dengan kami, Anda bisa datang langsung ke toko kami di :

Mangga Dua Mall Lt.5 Blok B No.86
Jakarta Pusat 10730

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer